4 Poin Yang membuat Klaim Asuransi Mobil Anda Bisa Ditolak!

Tentu saat melakukan klaim asuransi mobil, anda tidak ingin mengalami penolakan. Maka dari itu anda perlu pahami 5 poin berikut ini saat akan melakukan klaim asuransi untuk mobil, anti gagal. Seperti diketahui memiliki asuransi untuk mobil sama pentingnya dengan asuransi kesehatan.

Karena saat mobil mengalami kerusakan tentu anda bisa mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu penting untuk memilih asuransi jenis mobil yang memudahkan pula untuk cara klaimnya. Baik untuk asuransi mobil all risk maupun TLO, penting bagi anda untuk tahu alasan apa saja yang membuat sering mengalami penolakan ketika klaim asuransi.

1. Kerusakan Mobil Sebelum Masa Asuransi

Ketika melakukan klaim asuransi mobil, bisa saja mengalami penolakan karena dokumen yang tidak lengkap. Ada juga masalah lain seperti pengajuan asuransi bisa ditolak ketika mobil anda mengalami kerusakan sebelum diasuransikan.

Biasanya saat klaim, pihak perusahaan asuransi membutuhkan data bukti kerusakan mobil seperti misalnya berupa foto. Nah nantinya data dan foto tersebut akan disurvei dan akan diverifikasi jika klaim disetujui. Ketika mobil anda mengalami kerusakan sebelum diasuransikan maka klaim akan ditolak karena hal tersebut adalah tanggung jawab anda sendiri untuk memperbaikinya bukan lagi tanggungaan perusahaan asuransi.

2. Resiko Kerusakan Bukan Jaminan Dalam Polis

Anda Sebagai pemegang polis asuransi, perlu tahu apa saja resiko kerusakan yang ditanggung oleh pihak perusahaan asuransi. Ini membantu anda jadi paham dan bisa melakukan klasifikasi risiko apa saja yang ditanggung maupun tidak ditanggung.

Disaat mobil anda mengalami kecelakaan atau bahkan kehilangan, anda bisa tahu apakah bisa ajukan klaim. Atau keadaan mobil anda apakah bisa dipertanggungjawabkan oleh perusahaan asuransi yang bersangkutan.

3. Lakukan Pelanggaran Hukum

Resiko kendaraan saat terindikasi melakukan pelanggaran hukum juga tidak akan diterima kliennya oleh perusahaan asuransi. Misalnya resiko akibat Anda mengemudikan mobil secara ugal-ugalan atau tidak menaati rambu-rambu lalu lintas.

Klaim asuransi juga sudah pasti ditolak saat anda melakukan manipulasi. Karena sebelum penyetujuan klaim asuransi tentu ada yang namanya proses survey. Jika dalam proses survey, Anda terbukti melakukan manipulasi untuk kerusakan mobil atau kehilangan mobil maka asuransi akan ditolak mentah-mentah.

4. Wilayah Kejadian Tidak Termasuk Dalam Perjanjian

Ada pula kondisi dimana pihak asuransi tidak akan menyetujui klaim asuransi mobil. Alasannya adalah klausul mengenai wilayah yang masuk dalam perjanjian. Bisa saja klaim hanya melayani jika kejadian terjadi di wilayah tertentu.

Analoginya seperti ini, mobil anda hanya bisa di ajukan klaim asuransinya jika mengalami kecelakaan di Indonesia saja. Klaim otomatis akan ditolak ketika anda mengalami kecelakaan di luar negeri.

 

Nah itu tadi beberapa poin yang mengakibatkan klaim asuransi mobil anda bisa ditolak. Karena pentingnya memiliki asuransi untuk kendaraan, tidak perlu berpikir panjang lagi untuk mendaftarkan polis asuransi. Kini anda bisa dengan mudah membeli polis asuransi secara online lewat Lifepal. Di Lifepal terdapat banyak pilihan perusahaan asuransi terbaik dan semuanya sudah aman dan terpercaya. Belum lagi premi asuransi yang ditawarkan juga cukup terjangkau dan kini sedang ada promo flash sale premi dengan diskon 25%. Untuk premi asuransi perbulan maupun pertahun, Lifepal bisa menjamin paling murah daripada platform lain. Jadi tunggu apalagi segera daftarkan polis asuransi untuk mobil anda hanya di Lifepal. Informasi lebih lengkapnya Anda bisa kunjungi website resmi di Lifepal.co.id.