Cara Sukses Merebut Konsumen Toko Online Melalui Facebook Ads

Memiliki lebih dari 2 miliar pengguna di seluruh dunia dan 100 juta pengguna di Indonesia, Facebook menjadi tempat berkumpul banyak konsumen potensial di ranah media sosial. Inilah alasan kenapa pebisnis online masih setia menggunakan Facebook untuk memasarkan produk.

Bagi kamu yang menjalankan bisnis online, menggunakan halaman Facebook Fanpage adalah cara terbaik untuk mengumpulkan konsumen dan menghasilkan penjualan. Namun, untuk meningkatkan penjualan, kamu juga perlu memasang iklan di Facebook.

Melalui Facebook Ads, kamu bisa mengiklankan produk, menghasilkan penjualan, dan menambahkan jumlah follower atau pengikut. Namun, seringkali iklan tidak efektif memenangkan konsumen. Iklan Anda tidak sukses merebut hati konsumen potensial.

Mungkin ada yang salah dalam cara Anda beriklan. Untuk itu, coba perhatikan cara sukses merebut hati konsumen melalui Facebook Ads berikut ini.

Tentukan Target Audiens
Ada tiga kelompok audiens yang bisa kamu targetkan pada iklan, yakni semua pengguna Facebook, audiens di Fanpage kamu, dan audiens yang kamu pilih sendiri. Jika kamu sudah memiliki banyak pengikut, kamu bisa menargetkan audiens yang ada di Fanpage kamu saja.

Namun, jika kamu belum banyak pengikut, kamu bisa menargetkan audiens yang kamu pilih. Kamu bisa menentukannya berdasarkan demografi seperti lokasi, usia, jenis kelamin, dan ketertarikan atau minat. Kamu bisa menargetkan konsumen yang kira-kira sesuai dengan bisnis kamu.

Gunakan Gambar atau Video Menarik
Sebagai makhluk visible, manusia cenderung memperhatikan gambar daripada teks. Kamu dapat menggunakan gambar yang menarik untuk mencuri perhatian audiens dan mendapatkan ’like’ serta komentar.

Selain menarik, gunakan juga gambar yang relevan dengan bisnis kamu, sehingga dapat berpengaruh pada penjualan. Misalnya, kamu menjual peralatan makan. Maka akan lebih menarik jika gambar yang diunggah tidak hanya piring atau sendok, tapi gambar model cantik atau ganteng yang memegang peralatan masak tersebut.

Selain itu, iklan video yang menarik juga efektif untuk mencuri perhatian audiens. Namun, hindari video yang bergantung pada konten audio, sebab sebagian besar pengguna Facebook menonton video tanpa suara. Jadi, lebih baik videonya mengandalkan visible dan ada teksnya.

Perhatikan Teks dalam Iklan
Untuk melengkapi gambar dan video pada iklan, kamu harus menambahkan teks. Namun, perhatikan kata-kata promosi. Buat copywriting yang menarik, karena kalimat pertama yang dibaca sangat menentukan minat audiens. Jika kalimat awalnya tidak memancing minat, maka audiens akan berhenti membaca dan mengabaikan iklan kamu.

Hindari Promosi Berlebihan
Umumnya, orang-orang tidak suka dengan iklan. Untuk itu, kamu harus memperhatikan konten iklan yang kamu pasang, baik itu gambar, video, dan tulisan. Terutama pada teks, gunakan teknik delicate-selling yakni penjualan secara halus dan bukan onerous-selling, yakni penjualan secara langsung.

Buat Landing Page
Sebaiknya kamu membuat landing web page khusus sebagai halaman pertama yang dikunjungi audiens saat mengklik iklan kamu. Untuk bisnis on-line, sebaiknya touchdown page kamu adalah halaman di website toko online agar kamu bisa mengukur aktivitas konsumen, mulai dari melihat katalog sampai melakukan pembayaran.

Dengan touchdown page, goal kamu bisa fokus pada penawaran yang jelas tentang produk yang dijual, sehingga goal bisa langsung memutuskan pembelian. Landing web page juga bermanfaat untuk membangun database seperti nama, e mail dan nomor telepon.

Nah, itulah hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk merebut hati konsumen melalui Facebook Ads. Jika kamu sudah jualan lewat website toko on-line, maka jangan lupa pasang Facebook Pixel agar iklan yang kamu jalankan lebih terukur. SIRCLO menyediakan fitur Facebook Ads Extension yang memudahkan kamu memasang Pixel untuk mengoptimalkan iklan Facebook kamu.