Cara Terbaru Jualan Online Tanpa Stok Produk, Tanpa Modal Besar

Seringkali saya mendapat keluhan sejumlah teman yang mengaku pengin berjualan secara online tetapi tidak punya modal usaha. Umumnya mereka mengaku punya banyak teman atau banyak relasi di dunia maya yang sebenarnya potensial untuk menjadi pelanggan. Tetapi untuk berjualan, mereka bingung dengan produk yang harus disediakan dan tentu saja uang yang harus tersedia untuk membeli produk-produk itu.

Yah, hari ini gini masih bingung mau jualan online dengan modal besar? Tidak jamannya lagi. Sebab saat ini sudah ada sistem perdagangan dropship. Dengan cara dagang ala dropship ini, kita bisa berjualan tanpa stok sekalipun. Ya, kita hanya sebagai reseller yang hanya menjualkan barang orang lain atau provider yang menyediakan barang untuk kita.

Dengan menjalankan fungsi reseller dalam sistem dagang dropship ini kita tidak perlu dibingungkan dengan stok atau ketersediaan barang di tempat kita. Sebab, kita hanya melakukan promosi, sementara untuk urusan lainnya, provider yang mengurusnya. Dengan sistem dropship ini, kita sudah mendapatkan knowledge materi produk dari provider, lalu kita tinggal memasarkannya. Jika terjadi transaksi alias barang laku, maka pembeli membayar langsung ke kita, dan kita memproses ordernya ke provider. Pada giliran berikut supplier akan langsung mengirimkan produknya ke alamat pembeli, dengan nama kita tertulis sebagai pengirimnya.

Selisih harga dari supplier dengan harga jual kita, itulah keuntungan kita. Simpel bin mudah bukan?

Pertanyaan berikutnya adalah barang apa yang bisa kita jual dan di mana kita bisa mendapatkan supplier? Banyak marketplace yang bisa kita pilih, di mana di sana ada sejumlah provider dengan jenis barang yang bermacam-macam. Namun hal yang paling perlu kita perhatikan adalah bahwa supplier kita benar-benar terpercaya.

Tepercaya di sini dalam arti selalu menyediakan daftar terakhir produk yang mereka miliki, menyediakan data akurat tentang spesifikasi produk yang tersedia dengan kondisi barang, memberikan respons cepat kepada kita sebagai reseller, dan mengirimkan barang secepat mungkin kepada pelanggan kita begitu orderan kita kirimkan.

Sebelum Anda menentukan supplier yang Anda pilih, di sini akan saya gambarkan dulu cara kerja sistem dropship. Dalam hal ini saya mengambil contoh sistem dropship yang dikembangkan oleh salah satu markatplace tepercaya Indonesia, CakNing.Com. CakNing adalah marketplace yang mengembangkan teknik dropship yakni sebuah teknik pemasaran di mana penjual tidak menyimpan stok barang, dan di mana jika penjual mendapatkan order, penjual tersebut langsung meneruskan order dan element pengiriman barangnya ke provider.

Perhatikan gambar di bawah ini:

Cara kerja dropship cakning 1. Member melakukan promosi produk, dan jika ada produk yang laku maka member melakukan order dan pembayaran melalui member area CakNing.
2. CakNing kemudian akan mengirimkan produk yang dibayar tersebut langsung ke pembeli, dengan menuliskan nama member yang bersangkutan sebagai nama pengirimnya.
3. Dari transaksi ini penjual mendapatkan keuntungan berupa selisih antara harga jual dengan harga yang dibayarkan ke CakNing.
4. Penjual juga bisa mendapatkan repeat order dari pembeli tersebut karena penjual sendiri yang melakukan pendekatan ke pembeli.
5. Dalam hal ini CakNing hanya berada di balik layar, tanpa harus diketahui pembeli, demi menjaga kredibilitas penjual.

Marketplace satu ini adalah provider yang sudah terpercaya menyediakan barang atau supplier untuk banyak toko online di Indonesia. Jadi kredibilitas tidak perlu diragukan. Selain itu, untuk bergabung dengan CakNing ini Anda tidak membutuhkan modal yang terlalu besar untuk membuka toko online. Jadi Anda bisa segera membuka toko online tanpa stok produk dengan cara yang sangat mudah.

Apa harus punya toko online?

Apakah memang harus punya toko online agar kita bisa menjadi reseller CakNing? Tidak mutlak. Sebab untuk menjadi reseller, kita juga bisa mengandalkan media sosial seperti facebook.com, twitter, Google Plus, atau bahkan hanya sekadar pembicaraan langsung kita dengan kawan sekantor, kawan sehobi ataupun para tetangga.

Jika kita memiliki toko online, tentu itu lebih bagus karena akan memudahkan kita berpromosi dan membangun kepercayaan publik kepada diri kita sebagai penjual tanpa orang tahu bahwa kita sebenarnya hanyalah reseller.

Nah, jika kita sudah punya toko online maka kita tinggal melakukan promosi dan promosi, sementara untuk masalah assist kepada pelanggan kita akan dibantu sepenuhnya oleh pihak provider. Namun karena respon cepat adalah salah satu kunci sukses jualan online, maka kita hanya harus pintar-pintar mencari supplier yang setidaknya selalu responsif untuk melayani segala pertanyaan kita mulai dari masalah produk, informasi stok, dan lainnya, sehingga memudahkan kita menyampaikan hal itu kepada pelanggan.

Begitulah sobat, menjadi reseller dalam sistem dropship ini cocok dijalankan oleh siapa saja yang ingin mendapatkan keuntungan dalam bisnis online dan offline tanpa modal besar. Dalam bahasa keseharian, reseller bisa saja disebut makelar. Dengan menjadi makelar pun kita bisa sukses secara ekonomi. Ada yang salah? Enggak lah yauw…

Semoga artikel ini bermanfaat. Salam.