Caranya Gamer Mendapatkan Uang Dari Facebook Gaming

Facebook baru-baru ini merilis Facebook Gaming, aplikasi khusus untuk para penggemar game. Layaknya Twitch, Mixer, dan YouTube Gaming, Facebook Gaming adalah platform yang memungkinkan para penggunanya untuk bermain sport sembari menyuguhkan permainannya itu sebagai tayangan langsung (stay streaming).

Menariknya, platform tersebut juga bisa dimonetisasi. Artinya, Facebook Gaming bisa menjadi sarana bagi gamer untuk mendapatkan uang, bukan hanya sekadar untuk memainkan sport dan ditayangkan atau disiarkan secara langsung saja.

Lantas, uang tersebut datang dari mana? Ada tiga sumber penghasilan yang bisa didapatkan oleh gamer, atau para kreator konten gaming dalam hal ini, di Facebook Gaming, yakni dari iklan (adverts), Stars (“mata uang” di Facebook Gaming), dan fan help (langganan).

Iklan

Seperti halnya video-video di YouTube, kreator konten gaming bisa memonetisasi konten mereka di Facebook Gaming dengan menyisipkan iklan. Menariknya, iklan tersebut dijanjikan tidak bakal mengganggu jalannya proses stay streaming. Hal ini dikarenakan iklan bakal dimunculkan pada jendela pemutar video yang terpisah dengan jendela utama yang digunakan untuk live streaming.

Stars

Kedua, kreator konten gaming juga bisa menukarkan “Stars” yang mereka dapatkan menjadi uang. Stars ini sendiri bisa disebut sebagai “mata uang” di Facebook Gaming. Pengguna bisa membeli Stars dari harga termurahnya, yakni Rp 8.000 (25 Stars). Kemudian, mereka bisa memberikan sejumlah Stars kepada kreator konten gaming ketika reside streaming sedang berlangsung.

“Fans bisa memberikan Stars dan komentar kepada kreator konten [gaming], misalnya untuk menyemangati dan lain sebagainya,” ujar Michael Rose selaku Head of Southeast Asia, APAC Games Partnership dalam sebuah video conference yang digelar Facebook (08/05).

Langganan

Terakhir, kreator konten gaming juga bisa mendapatkan uang dari layanan berlangganan di Facebook Gaming. Untuk diketahui, para kreator konten gaming bisa mengaktifkan fitur fan assist (subscriptions) di Facebook Gaming agar para pengikut (followers) bisa berlangganan.

Dari situ, para followers bisa membayar sejumlah uang untuk berlangganan agar bisa menikmati beragam konten spesial yang ditawarkan oleh kreator konten gaming terkait. “Para fans bisa berlangganan dan mendapatkan aneka hadiah, seperti stiker atau konten spesial, dari para kreator [konten gaming],” tutur Michael.

Tahapan Pengguna di Facebook Gaming
Lebih lanjutnya, ada tiga macam pengguna di Facebook Gaming, yakni Beginner, Level Up, dan Partner. Pengguna pemula (beginner) sejatinya merupakan para pemilik akun Facebook pribadi. Mereka memang bisa melakukan stay streaming secara langsung dari aplikasi Facebook Gaming, namun tidak akan mendapatkan uang.

Untuk mulai mendulang pendapatan, mereka harus mendaftarkan diri mereka pada program Level Up agar bisa menjadi kreator konten gaming. Pendaftaran tersebut bisa dilakukan di tautan ini dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. “Level Up adalah [program] untuk kreator yang ingin berkembang dan ingin membangun komunitas gaming,” ungkap Michael.

Jika pengguna Level Up ini ke depannya mengalami perkembangan yang pesat, atau sudah memiliki basis penggemar dalam jumlah yang besar, maka mereka berpotensi untuk dilirik oleh pihak Facebook demi dijadikan sebagai mitra atau Partner.