Cari Tahu Lebih Dalam Tentang Dropship, Bisnis Online Tanpa Modal Yang Banyak Diminati!

Indira A/ Keuangan & Bisnis/ 0 comments

Mungkin kamu sering dan sudah tidak asing lagi ketika mendengar istilah bisnis dropship. Atau mungkin, kamu pernah menjalankan atau baru ingin menjalankan bisnis yang diiming-imingi “bisnis online tanpa modal” ini? Bagi kamu yang ingin menjalankan bisnis online tanpa modal, dropship bisa menjadi solusi tepat untukmu. Namun, sebelum memulai bisnis online tanpa modal tersebut, yuk cari tahu lebih dalam tentang dropship!

Dropship pada dasarnya adalah sistem penjualan produk, dimana penjual hanya perlu meneruskan pesanan kepada provider. Supplier akan mengemas dan mengirim produk pesanan yang kamu teruskan dari si pembeli. Secara simpel, kamu tidak perlu membeli, mengemas dan mengirim produk yang kamu jual. Semuanya dilakukan oleh supplier. Yang perlu kamu lakukan, adalah memasang foto/video produk, memasarkan produk melalui promosi sosial media, e-commerce, dan sebagainya, lalu meneruskan pesanan ke penjual.

Baca juga: Lakukan 4 Cara Ini Untuk Mengembangkan Bisnis Onlinemu!

Kita kenali dulu ya, kelebihan dan kekurangan dari bisnis online tanpa modal ini!

Kelebihan Bisnis Online Tanpa Modal
1. Mudah

Untuk memulai bisnis online tanpa modal ini memang tergolong cukup mudah. Kamu hanya perlu mencari provider yang tepat, memposting foto maupun video produk yang telah diberikan oleh supplier, sekaligus memasarkannya dengan rajin dan konsisten. Selain itu, kamu juga perlu melayani pertanyaan-pertanyaan dari pembeli dengan ramah, responsif, dan informatif.

2. Modal Murah

Teori dropship yang dikatakan sebagai bisnis online tanpa modal memang benar. Simpelnya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk mendapatkan manfaat. Namun, untuk memasarkan produk, kamu perlu aktif di media sosial maupun e-commerce agar tidak kalah saing dengan toko dropship lainnya. Oleh karena itu, kamu hanya perlu mengeluarkan uang untuk membeli kuota internet ataupun wifi untuk melakukan hal tersebut.

3. Risiko Rendah

Karena tidak perlu membeli produk yang dijual oleh provider, risiko penjualan pun dapat dikatakan rendah. Kamu akan memesan produk dari supplier ketika pesanan dari pembeli sudah masuk dan uang sudah dibayarkan. Jadi, ketika produkmu tidak laku, kamu tidak akan mengalami kerugian karena tidak mengeluarkan uang untuk membeli produk tersebut.

4. Kapan Saja, Dimana Saja

Bisnis dropship memang menguntungkan jika kamu menekuni dengan baik bisnis online tanpa modal ini. Mudahnya, kamu memang hanya perlu menjadi penghubung antara pembeli dengan supplier. Sehingga, kamu dapat menjalankan bisnis ini kapan saja dan dimana saja, melalui laptop maupun smartphonemu.

Selain kelebihannya, ada beberapa kekurangan dari bisnis dropship yang juga kamu perlu perhatikan.

Kekurangan Bisnis Online Tanpa Modal
1. Persaingan Bisnis Ketat

Karena bisnis dropship merupakan bisnis online tanpa modal yang juga mudah dan berisiko rendah, banyak orang yang menjalankan bisnis ini sebagai bisnis sampingan. Dengan kemajuan teknologi saat ini, rasanya semua orang yang memiliki smartphone dapat menjalankan bisnis ini. Bahkan, banyak juga lho, remaja-remaja yang masih duduk di bangku sekolah sudah aktif menjalankan bisnis ini untuk mendapatkan tambahan uang. Jadi, bisnis online tanpa modal ini memang memiliki sangat banyak pesaing.

2. Kesalahan Supplier

Kesalahan provider adalah poin yang paling berisiko ketika menjalankan bisnis dropship. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, dropship merupakan bisnis online tanpa modal yang memungkinkan kamu sebagai penjual untuk tidak perlu membeli, mengemas ataupun mengirim produk. Semua dilakukan oleh supplier, namun pembeli membeli produk melalui kamu. Sehingga, ketika ada kesalahan dari supplier seperti keterlambatan pengiriman, cacat produk, dan lain lain, itu adalah tanggung jawab yang perlu kamu tanggung karena biasanya, pembeli tidak mau tahu menahu soal kesalahan supplier karena mereka merasa membayar produk tersebut kepada kamu, bukan supplier.

3. Keuntungan Kecil

Poin terakhir ini masih berkaitan dengan poin pertama. Karena persaingan bisnis online tanpa modal ini memang ketat, manfaat yang kamu dapatkan mungkin saja menjadi lebih rendah. Jika kamu memasang harga yang tinggi demi meraup manfaat yang besar, calon pembeli tentunya tidak akan membeli produk di tokomu karena bisa mendapatkan produk yang sama dengan harga yang lebih murah di toko-toko lainnya. Hal ini tentunya menjadi pertimbangan yang cukup sulit. Tanyakan lagi pada dirimu, lebih ingin mendapatkan manfaat yang besar namun sulit mendapatkan pembeli, atau manfaat minim tapi jadi langganan banyak orang?

Nah, itu dia kelebihan serta kekurangan dropship, bisnis online tanpa modal yang perlu kamu ketahui. Masih tertarik untuk menjalankan bisnis ini? Perhatikan langkah-langkahnya berikut ini ya!

1. Pilih Supplier yang Tepat

Poin penting dalam bisnis online tanpa modal ini adalah pemilihan supplier yang tepat. Jika ingin menekuni bisnis ini, kamu perlu dengan matang mempertimbangkan provider mana yang ingin kamu pilih.

a. Pilih Supplier Grosiran

Jika ingin mendapat manfaat yang lebih besar, kamu perlu mencari provider yang menjual produk grosiran. Biasanya, penjual grosiran menjual produk dengan harga yang sangat murah karena mereka lebih mengutamakan jumlah penjualan dibandingkan manfaat penjualan.

b. Mudah Dihubungi

Karena kamu tidak memegang langsung produk yang kamu jual, kamu perlu terus berhubungan dengan provider yang kamu pilih. Dari mulai yang berkaitan dengan ketersediaan/inventory barang, informasi element barang, pengiriman, dan sebagainya. Jangan sampai kamu memilih provider yang sulit dihubungi dan lambat dalam merespon pesan, karena hal ini bisa menghambat segala proses penjualanmu.

c. Review Bagus

Selain dua poin diatas, dalam memilih supplier untuk bisnis online tanpa modal bisa kamu lihat dari evaluation yang sudah ada. Jika kamu menemukan provider dari e-commerce atau website, biasanya ada evaluate/ulasan yang diberikan oleh para penjual yang posisinya juga sebagai dropship. Review tersebut sangat penting untuk kamu pertimbangkan, karena percuma jika harga yang ditawarkan oleh provider murah, namun akan banyak masalah yang kamu hadapi kedepannya saat memulai bisnis online tanpa modal ini.

2. Tentukan Media Promosi

Setelah menemukan provider yang tepat, waktunya memulai langkah selanjutnya. Yaitu, menentukan media mana yang kamu gunakan untuk promosi. Jika ingin produkmu cepat terjual, gunakanlah media promosi sebanyak-banyaknya. Gunakan beberapa media sosial, serta beragam e-commerce untuk mempromosikan produkmu. Umumnya, tiap orang yang ingin membeli suatu produk akan membandingkan harga melalui beberapa toko online terlebih dahulu. Jika kamu memasarkan produkmu diberbagai e-commerce dan media sosial, kesempatan produkmu untuk laku akan lebih besar.

3. Aktif Promosi & Layani Customer Dengan Baik

Yang terakhir adalah aktif promosi & layani buyer dengan baik. Menjalankan bisnis online tanpa modal ini kamu hanya perlu untuk konsisten dalam mempromosikan produk yang kamu jual. Karena begitu banyak saingan yang menjual produk yang sama dengan harga yang kompetitif, kamu harus rajin promosi ya! Selain itu, faktor yang membuat calon pembeli tertarik untuk membeli produk di suatu toko adalah pelayanan baik dari penjual. Jika kamu bisa melayani buyer dengan ramah, membalas chat dengan cepat, tentunya calon pembeli akan lebih senang untuk membeli produk yang ada di tokomu dibandingkan dengan toko yang lain.

Itulah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang dropship, bisnis online tanpa modal yang hingga saat ini masih banyak diminati di Indonesia. Dengan bisnis dropship, kamu bisa menjual beragam jenis produk dari mulai produk fashion, kosmetik, jam tangan, aksesoris rumah, aksesoris gadget, dan lain-lain. Semoga artikel dari JULO kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang ingin memulai bisnis online tanpa modal ya!

Baca juga artikel berikut ini: Rekomendasi Peluang Usaha Mudah Dengan Modal Minim