Inilah Manfaat Training Need Assessment Analysis

Ketika mengambil keputusan di dalam sebuah perusahaan harus berdasarkan data yang dipunyai. Hal tersebut akan membuat keputusan tersebut rasional dan dapat diterima oleh semua pihak. Data tersebut juga bisa dibutuhkan ketika akan melakukan yang dibutuhkan oleh karyawan. Training need assessment merupakan analisa yang dibutuhkan untuk dapat memahami training yang memberikan manfaat agar tim bekerja secara optimal sehingga memberikan progress kerja yang baik dan menguntungkan untuk perusahaan. Training ini dapat untuk mengevaluasi kemampuan karyawan, kesenjangan kemampuan karyawan, dan juga dapat menjadi pengambil keputusan menurut kemampuan yang dibutuhkan. Pelatihan ini mempunyai beberapa manfaat yang bisa didapatkan yaitu seperti berikut ini:

1. Mengidentifikasi Kesenjangan Pengetahuan

Analisa kebutuhan training dilakukan untuk dapat mengetahui terlebih dahulu adanya kesenjangan pengetahuan yang dipunyai oleh karyawan. Hal ini kedepannya akan sangat bermanfaat untuk menghindari terjadinya masalah. Kesenjangan pengetahuan tersebut tentunya akan menjadi persoalan, sehingga sebelum akan memicu potensi terjadinya masalah maka dapat untuk menanganinya segera. Analisis ini akan menekankan pada pendekatan pro aktif dibandingkan menunggu kesalahan dan masalah yang dapat dihadapi dari kesenjangan pengetahuan yang dipunyai oleh karyawan.

2. Merencanakan Training

Karena dapat mengetahui apa saja kesenjangan pengetahuan dan juga kemampuan yang dipunyai oleh karyawan. Maka hal selanjutnya yang dapat menjadi manfaat dari training need assessment adalah dapat untuk merencanakan training atau pelatihan yang bisa didapatkan oleh karyawan sepanjang tahun. Apabila ada kesenjangan yang dipunyai, maka akan lebih baik untuk mengatasinya sebelum hal tersebut menjadi masalah. Pelatihan akan sangat bermanfaat untuk karyawan dapat mempunyai kemampuan dan pengetahuan baru sehingga mencegah masalah yang dapat terjadi ke depan di dalam perusahaan. Analisis ini akan memudahkan perencanaan yang tepat dan juga dibutuhkan oleh karyawan di dalam perusahaan. Sehingga dibandingkan menebak pelatihan apa saja yang dibutuhkan, maka analisis yang diberikan akan sangat membantu memberikan pelatihan tetap sasaran yang juga bermanfaat untuk perusahaan.

3. Menyoroti Training

Manfaat analisis selanjutnya adalah dapat untuk menyoroti training yang belum untuk dipertimbangkan. Akan terjadi kesulitan ketika mengatur dan merencanakan jadwal training apabila tidak mempunyai data yang tepat. Sehingga dengan hasil analisis yang dipunyai akan sangat membantu untuk mengetahui tipe training yang dipunyai dan dibutuhkan oleh karyawan. Training needs analysis akan dapat untuk mengamati dan juga menentukan training yang tidak dipertimbangkan oleh perusahaan, padahal justru pelatihan tersebut yang dibutuhkan oleh karyawan.

4. Menentukan Siapa yang Mengikuti Training

Analisis tersebut juga akan membantu untuk mengetahui siapa saja karyawan yang membutuhkan training yang diadakan oleh kantor. Dari hasil tugas yang diberikan akan mengetahui mengenai kemampuan yang dipunyai oleh karyawan. Sehingga hasil tersebut juga bisa menentukan karyawan yang membutuhkan pelatihan yang diadakan oleh kantor. Sesi pelatihan tersebut akan mempunyai sasaran yang tepat dan memberikan hasil lebih baik. Baik untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan karyawan dalam bidang tertentu yang akan meningkatkan kinerjanya dalam bekerja sehari-hari.

Bagi perusahaan yang membutuhkan training need assessment dapat untuk menggunakan jasa dari Prasmul-ELI. Lembaga ini menawarkan on demand assessment programs yang bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Termasuk juga training need yang dapat memberikan evaluasi untuk mengetahui kesenjangan kemampuan hingga menentukan pelatihan apa saja yang dibutuhkan oleh karyawan perusahaan. Prasmul-ELI juga memberikan pelatihan yang cocok untuk perusahaan mulai dari program yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan hingga publik program yang dapat meningkatkan kinerja karyawan di perusahaan.

Sumber : https://prasmul-eli.co/articles/Pengertian-Training-Needs-Analysis-di-Persuahaan