Kandungan dan Manfaat Buah Semangka yang Menyehatkan

 

Semangka adalah buah yang sangat menyegarkan jika dikonsumsi pada hari panas. Dengan mengkonsumsinya tubuh akan terasa lebih segar dan mendapatkan suplai air yang cukup banyak. Dibalik rasanya yang nikmat, semangka ternyata memiliki segudang dan manfaat untuk tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin atau dikonsumsi dengan jumlah yang tepat bisa memberikan beberapa manfaat. Jika Anda ingin tahu apa saja manfaat dari semangka beserta kandungan nutrisi di dalamnya, simak ulasan berikut.

Kandungan Buah Semangka

Sebagian besar kandungan dari buah semangka sebenarnya adalah air. Itulah kenapa setelah mengkonsumsi semangka anda akan lebih kenyang dan rasa haus juga hilang. Untuk nutrisinya, semangka mengandung beberapa hal di bawah ini:

  • Energi: 28 kal
  • Karbohidrat: 6,9 gram
  • Lemak: 0,2 gram
  • Serat: 0,4 gram
  • Protein: 0,5 gram
  • Betakaroten: 315 mcg
  • Vitamin B1: 0,05 mg
  • Vitamin B2: 590 mcg
  • Vitamin C: 6 mg

Manfaat Buah Semangka

Semangka memiliki cukup banyak manfaat untuk tubuh. Berikut beberapa manfaat selengkapnya.

1. Mencukupi kebutuhan cairan harian

Salah satu manfaat dari buah semangka adalah memenuhi kebutuhan cairan harian. Buah ini tidak hanya mengandung air dalam jumlah banyak tapi juga elektrolit yang bermanfaat untuk menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh.

Jika Anda merasa mengalami dehidrasi atau baru saja melakukan aktivitas olahraga yang intens, ada baiknya untuk mengonsumsi buah semangka. Namun, jangan terlalu berlebihan. Apalagi Anda memiliki tekanan darah rendah.

Konsumsi dalam jumlah yang cukup saja. Misal sebanyak beberapa potong dalam 1 hari. Selebihnya bisa menggunakan cairan lain atau memperbanyak minum air putih agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi.

2. Menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi semangka akan menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang selalu stabil akan membuat jantung menjadi lebih baik dan berbagai gangguan seperti serangan jantung bisa lebih diminimalkan.

3. Mencegah terjadinya gangguan ginjal

Kebutuhan cairan yang sangat sedikit akan menyebabkan kerja dari dia mengalami kenaikan. Dampaknya, akan ada banyak sisa pencernaan yang mengendap pada organ ini dan akhirnya menjadi batu ginjal.

Rutin mengonsumsi semangka akan menurunkan risiko terjadinya batu ginjal. Hal ini terjadi karena kebutuhan cairan dalam tubuh selalu terpenuhi.

4. Mengendalikan gula darah

Mengonsumsi buah semangka juga mampu mengendalikan gula darah yang ada di dalam tubuh. Gula darah yang terkontrol akan membuat seseorang terhindar dari diabetes. Jika mereka sudah memiliki diabetes, gejala penyakit ini bisa menurun.

5. Mengurangi nyeri otot

Citrulline yang terkandung di dalam semangka ternyata memiliki manfaat yang besar untuk mencegah terjadinya nyeri pada otot. Kandungan itu biasanya terdapat pada obat nyeri otot sehingga rasa pegal setelah olahraga bisa segera dikerjakan.

Dari penelitian yang dilakukan, mengonsumsi sekitar 400 ml jus semangka, bisa menurunkan risiko terjadinya nyeri setelah olahraga. Wah ini disarankan untuk dikonsumsi sebagai bagian dari pre-workout.

Seperti yang sudah terlihat di atas Jika semangka memiliki manfaat yang cukup besar. Apalagi jika dikonsumsi secara rutin. Untuk itu setiakan semangka di rumah sebagai salah satu buah untuk camilan.

Jika anda ingin selalu mendapatkan suplai semangka setiap harinya dengan mudah, coba gunakan aplikasi Tanihub. Dengan menggunakan TaniHub ini, Anda bisa membeli buah semangka dengan mudah beserta buah lain yang masih segar.

Proses pembelian di aplikasi ini juga mudah. Anda hanya perlu memilih buah atau sayur mana saja yang dibutuhkan kemudian tinggal lakukan pembayaran menggunakan metode yang tersedia. Pesan hari ini, besok akan langsung diantar ke depan pintu rumahmu. Berbagai kebutuhan protein seperti ayam dan daging juga tersedia.