Yuk Bantu Anak Asmat Mendapatkan Hidup Yang Lebih Baik

Suku Asmat pada dasarnya merupakan masyarakat yang masih jauh dari kehidupan modern, apalagi kabupaten mereka juga terletak di pedalaman. Banyak anak Asmat yang tidak mendapatkan pendidikan bahkan gizi yang baik, karena memang sulitnya kondisi hidup disana. Wilayah tersebut dikelilingi dengan lumpur. Warganya memang tinggal di atas rumah kayu yang berada di atas lumpur. Kondisinya memang memprihatinkan dibandingkan dengan masyarakat Indonesia yang lainnya.

Faktanya sendiri kebiasaan masyarakat suku Asmat memang masih sangat tradisional, yaitu mengambil makanan dari alam atau istilah lainnya adalah meramu. Sehingga ketersediaan makanan mereka sangat bergantung pada musim. Jika seandainya tidak panen sudah pasti mereka akan kelaparan. Itulah mengapa banyak orang yang ikut tergerak untuk membantu mereka dengan mendonasikan uang bahkan juga menjadi sponsorship. Apalagi pada dasarnya banyak masalah yang masih belum terselesaikan disana, seperti diantaranya adalah:

  1. Gizi buruk, kondisi ekonomi yang sulit ditambah lagi dengan kebiasaan masyarakat suku Asmat yang masih meramu untuk makan sehari-hari, membuat banyak diantara anak suku Asmat yang mengalami gizi buruk atau busung lapar.
  2. Pendidikan yang kurang, selain masalah yang berhubungan dengan gizi buruk. Maka permasalahan lain yang juga dialami adalah kurangnya sarana dan juga prasarana pendukung pendidikan yang layak. Sehingga banyak diantaranya yang mengalami buta huruf.
  3. Fasilitas kesehatan, kondisi daerah mereka yang terpencil nyatanya juga menciptakan masalah lain yang berhubungan dengan fasilitas kesehatan, kurang memadahi. Bahkan di tahun 2018 silam ada banyak anak yang terkena wabah campak serta tidak tertolong karena kurangnya fasilitas kesehatan yang ada disana.

Bantuan yang Anda berikan nantinya akan dikelola untuk ketiga hal di atas oleh Wahana Visi Indonesia, organisasi kemanusiaan Kristen yang ada di Indonesia ini punya banyak program bantuan dan sudah memberikan kontribusi yang besar terhadap anak-anak di Indonesia. Banyak juga diantaranya yang sudah tergabung disini sehingga Anda juga dapat berkontribusi pula. Bisa dengan berdonasi, menjadi volunteer maupun juga dengan menjadi sponsorship.